Home » News » Warga Dieng Bangun Jalan Sendiri Tanpa Bantuan Pemerintah

Warga Dieng Bangun Jalan Sendiri Tanpa Bantuan Pemerintah



Dieng – Warga Dieng secara swadaya membangun jalan tembus sepanjang 9 km. Pembangunan jalan dimulai dari titik nol di perbatasan Banjarnegara–Batang di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah melintasi Dusun Bintoro dan Dusun Sigemplong di Desa Pranten hingga ke Desa Deles, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

Warga Dieng Bangun Jalan Sendiri Tanpa Bantuan Pemerintah

Pekerjaan memakan waktu 60 hari kalender dimulai pada awal Juli hingga akhir Agustus 2016 lalu. Anggaran pembangunan murni swadaya masyarakat dari dua desa, yaitu Desa Kepakisan dan Desa Pranten.

“Masyarakat Desa Kepakisan menyumbang alat-alat berat bantuan dari H Suchrodi. Sementara masyarakat Desa Pranten, utamanya warga Dusun Bintoro dan Dusun Sigemplong yang menanggung biaya BBM dan biaya operator alat berat,” kata koordinator pembangunan jalan, Sukur, Senin 5 September 2016.

Swadaya masyarakat Dusun Bintoro dan Dusun Sigemplong, lanjut dia, tidak hanya itu. Mereka sukarela memberikan sebagian tanahnya untuk kepentingan pembuatan jalan. Sehingga ruas jalan yang tadinya hanya bisa dilewati sepeda motor kini dapat dilewati kendaraan roda empat dengan lebar jalan 6–8 m.

Di beberapa ruas jalan bahkan ada badan jalan yang luasnya mencapai 12 m.

“Untuk kondisi saat ini, kendaraan roda empat baru dapat masuk sejauh 2 km dari titik nol di perbatasan Dusun Bitingan–Dusun Bintoro. Hal ini dikarenakan badan jalan yang masih terbuat dari tanah dan ada ruas jalan menurun dengan kemiringan yang cukup tajam di atas Dusun Sigemplong,” kata dia.
(Legolas – sisidunia.com)