Home » News » La Nyalla Mataliti Didakwa Korupsi

La Nyalla Mataliti Didakwa Korupsi



Jakarta – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur periode 2009-2014 La Nyalla Mattalitti didakwa melakukan korupsi dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di antaranya dengan membeli 12 juta lebih lembar saham senilai Rp5,35 miliar.

La Nyalla Mataliti Didakwa Korupsi

Jaksa Penuntut Umum I Made Suarnawan mengatakan La Nyalla menyatakan minatnya terhadap pembelian saham publik perdana Bank Jatim pada Juni 2012, setelah ditawarkan rekannya, Diar Kusuma Putra. Diar adalah Wakil Ketua Umum Bidang Akselerasi Perdagangan Antar Pulau Kadin Jatim.

La Nyalla akhirnya menyatakan minatnya dengan menandatangani Lembaran Pernyataan Minat Pemesanan Pembelian Saham sejumlah 33 juta lembar senilai Rp20 miliar. Dia pun membuka rekening di Bank Jatim, sebagai persyaratan untuk membeli saham perusahaan tersebut.

Penggunaan dana hibah awalnya diterima La Nyalla berkaitan dengan proposal yang diajukannya ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memperkuat ekonomi kawasan tersebut. Setelah disetujui, dia pun menggunakan dana tersebut dalam sejumlah tahapan pada 2011—2014 dengan total Rp48 miliar. Dalam hal ini, ada kerja sama antara Kadin Jawa Timur dengan pemerintah daerah tersebut.

Pada Juli 2012, La Nyalla dan Diar menandatangani Bilyet Giro berisi perintah pembayaran dari Rekening Giro atas nama Kadin Jawa Timur ke rekening pribadi La Nyalla senilai Rp5,35 miliar. Dia pun membeli 12.340.500 lembar saham Bank Jatim dengan nilai per lembar Rp430.
(Legolas – sisidunia.com)