Home » Travel & Kuliner » Kuliner Tahun Baru Jepang Bertemakan Star Wars

Kuliner Tahun Baru Jepang Bertemakan Star Wars



Tokyo – Tak terasa pertengahan tahun sudah menjelang. Tahun akan segera berganti. Namun di tiap tahun baru akan ada perayaan ramai dan kuliner sedap yang khas. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh masyarakat Jepang. Tahun baru di Jepang berarti waktunya untuk osechi ryori, makanan tradisional yang memiliki makna khusus bagi penyantapnya.

Kuliner Tahun Baru Jepang Bertemakan Star Wars

Makanan khas Tahun Baru ini diyakini memberikan keberuntungan dan panjang umur di tahun-tahun mendatang. Makanan ini disajikan dalam kotak bertumpuk. Di dalam kotak-kotak ini disediakan makanan yang bisa disantap sampai tiga hari pertama setelah tahun baru. Tradisi menyantap makanan ini dimulai sejak Periode Heian (794-1185).

Dalam tiga boks makanan ini disajikan beragam makanan khas yang dibentuk dan dihias dengan tema Star Wars yang datang dari galaksi yang nun jauh di sana. tumpukan teratas disebut sebagai ‘The World of Star Wars’. Di dalamnya berisi mousse susu dengan tambahan figur R2-D2. Di sampingnya ada tambahan ubi tumbuk. Warna emas di dalam lapisannya melambangkan harapan untuk kesuksesan ekonomi di tahun baru.

Tambahan kuromame atau pasta kedelai hitam yang ada di dalamnya dibentuk menyerupai Darth Vader. Menurut tradisi, kuromame ini melambangkan simbol dari kesehatan yang baik di tahun depan.

Di lapisan kotak ke-dua, dikenal sebagai The World of the Light Side. Di sana terdapat R2-D2 dan C-3PO yang duduk di atas aneka seafood, termasuk ikan karang dan gurita. Makanan ini secara tradisional disantap dengan harapan memiliki panen yang melimpah.

Di kotak ke-tiga bertema The World of the Dark Side berisi Darth Vader dan Storm Troppers. Di dalamnya ada tambahan ikan laut tawar, telur ikan salmon, dan abalon. Semua makanan ini melambangkan kekayaan dan panjang umur.
(Legolas – sisidunia.com)