sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » BBPOM Semarang Temukan 146 Ribu Minuman Kemasan Ilegal

BBPOM Semarang Temukan 146 Ribu Minuman Kemasan Ilegal



Semarang – alai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Tengah menemukan sekitar 146 ribu minuman kemasan berbahaya di gudang milik PT Starfood Jaya Prima, di Kudus, Senin (5/9/2016) malam.

BBPOM Semarang Temukan 146 Ribu Minuman Kemasan Ilegal

Kepala BBPOM Semarang Endang Pujiwati mengatakan minuman jenis isotonik dan minuman anak-anak itu diduga dilabeli izin edar dan sertifikasi halal palsu.

“Kode registrasi izin edarnya palsu. Logo halalnya juga palsu,” katanya.

Endang berkata hasil uji laboratorium sementara menunjukkan kadar sakarin atau pemanis buatan pada minuman kemasan tersebut melebihi batas normal. Produk itu pun berpotensi berefek negatif bagi kesehatan.

Razia BPOM itu berlanjut pada penggalian keterangan dari pemilik PT Starfood Jaya Prima. Jika terbukti memalsukan ijin edar, pemilik akan dijerat pasal 142 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara dan denda Rp4 miliar.

BPOM mencatat 17 produk minuman kemasan yang diproduksi PT Starfood Jaya Prima, antara lain minuman berperisa buah bermerek Eksocool, kopi kemasan bermerek Cofino dan teh hijau bermerek Eksotea.

Asosiasi Industri Minuman Ringan sebelumnya menyatakan bisnis minuman isotonik tumbuh 20 persen rata-rata per tahun pada 2012. Angka itu lebih tinggi dibandingkan industri minuman jenis lain. Pada tahun serupa, Kementerian Perindustrian mencatat penjualan minuman isotonik menjadi lebih dari Rp4,2 triliun.
(Legolas – sisidunia.com)