Home » News » Polri Kantongi Nama Oknum Penipuan Kasus Penipuan Haji di Filipina

Polri Kantongi Nama Oknum Penipuan Kasus Penipuan Haji di Filipina



Jakarta – Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian menyatakan pihaknya mengantongi nama-nama oknum yang diduga melakukan penipuan ratusan WNI yang berencana melakukan ibadah haji dari Filipina.

Polri Kantongi Nama Oknum Penipuan Kasus Penipuan Haji di Filipina

Dia menuturkan Tim Bareskrim Mabes Polri sudah selama sepuluh hari melakukan investigasi langsung ke Manila, Filipina. Bersama pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila, Polisi telah melakukan pemeriksaan pada para calon jemaah haji Indonesia tersebut.

“Sebagian (calon jemaah haji) sudah diperiksa tim di Manila. Kami sudah dapatkan nama-nama siapa yang mengirimkan mereka,” ujar Tito di Jakarta, Minggu (4/9/2016).

Menurutnya, tim penyidik Bareskrim Mabes Polri yang berada di Filipina terus bekerja mengungkap kasus tersebut. Sementara tim investigasi yang ada di dalam negeri, juga terus melakukan penelusuran ke sejumlah daerah. Namun, Tito masih enggan untuk membeberkan nama-nama yang masuk ke dalam daftar tersangka kasus pemalsuan dokumen dan penipuan ini.

“Tim juga terus bergerak yang ada di Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. Kalau sudah ada penetapan tersangka baru bisa kami sampaikan,” kata Tito.

Sementara itu, sebanyak 168 dari 177 calon jemaah haji asal Indonesia yang tertipu paspor palsu di Filipina akan dipulangkan pada Minggu (4/9/2016). Sementara, sembilan WNI lainnya masih harus dimintai keterangan di Filipina sehingga belum diizinkan pulang.
(Legolas – sisidunia.com)