Home » News » Malaysia Lakukan Segala Upaya Cegah Penyebaran Virus Zika

Malaysia Lakukan Segala Upaya Cegah Penyebaran Virus Zika



Johor – Virus Zika merupakan salah satu virus yang disebabkan oleh binatang nyamuk. Selain Zika, nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dan juga Chukungunyah. Departemen Kesehatan Johor, Malaysia, akan menerapkan berbagai langkah pencegahan penyebaran infeksi virus Zika, termasuk mewajibkan semua kendaraan dari dan menuju Singapura disemprot dengan obat nyamuk.

Malaysia Lakukan Segala Upaya Cegah Penyebaran Virus Zika

Ketua Komite Kesehatan dan Lingkungan negara bagian Johor, Ayub Rahmat, menyatakan langkah ini diperlukan mengingat jumlah inveksi virus Zika yang meningkat tajam di Singapura. Apalagi, Johor merupakan salah satu pintu gerbang dari Singapura menuju Malaysia.

“Kendaraan yang dimaksud termasuk truk, bus umum, bus sekolah, mobil pribadi dan kereta api. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada nyamuk dengan virus yang dibawa dari negara itu melalui kendaraan,” kata Ayub dalam pernyataan yang dirilis Jumat (2/9), dikutip dari Channel NewsAsia.

Ia menyerukan agar upaya pembersihan harus melibatkan instansi pemerintah, organisasi non-pemerintah. Ayub juga mengungkapkan pihaknya akan mengintensifkan operasi pembersihan di lokasi konstruksi, bangunan perkantoran, serta area perumahan yang terletak dekat gerbang masuk Singapura menuju Malaysia. Ayub menyatakan ancaman penyebaran virus Zika dari Singapura merupakan ancaman yang serius untuk Malaysia, mengingat sekitar 200-300 ribu warga Johor pergi bekerja di Singapura setiap hari.
(Legolas – sisidunia.com)