Home » News » Budi Gunawan Akan Lakukan Fit and Proper Test Rabu Pekan Depan Sebagai Calon Kepala BIN

Budi Gunawan Akan Lakukan Fit and Proper Test Rabu Pekan Depan Sebagai Calon Kepala BIN



Jakarta – Ketua DPR Ade Komarudin memastikan proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kepala BIN Komisaris Jenderal Budi Gunawan akan berlangsung Rabu pekan depan. Ade berkata, proses uji kelayakan dan kepatutan akan didahului dengan pembacaan surat presiden dalam rapat paripurna sehari sebelummnya.

Budi Gunawan Akan Lakukan Fit and Proper Test Rabu Pekan Depan Sebagai Calon Kepala BIN

“Fit and proper test di Komisi I DPR hari Rabu (7/9/2016), setelah itu hari Kamis rapat paripurna pengambilan keputusan,” kata Ade di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Dalam uji kelayakan dan kepatutan nantinya, tugas parlemen hanya sebagai pemberi pertimbangan kepada presiden.

“Meskipun DPR tidak punya ruang yang luas untuk mempermasalahkan, menurut hemat saya, Pak Presiden tetap perlu memberikan penjelasan ke publik jika banyak pertanyaan pertimbangan mengapa memilih BG menjadi Kepala BIN tersebut mengemuka,” kata Hanafi dalam pesan singkatnya.

Walaupun demikian, Hanafi mengingatkan agar nantinya Budi hanya loyal kepada negara dan tidak kepada individu tertentu. Undang-undang Nomor 17 tahun 2011 tentang Intelijen Negara disebutnya harus menjadi acuan Budi saat nantinya memimpin BIN.

Wakil Ketua Umum PAN itu juga meminta agar Budi dapat melanjutkan kerja-kerja Sutiyoso dalam menangani urusan Aceh, Papua hingga kontraterorisme untuk lebih baik lagi.
(Legolas – sisidunia.com)