Home » Travel & Kuliner » Resep Ayam Goreng Serundeng

Resep Ayam Goreng Serundeng



Jakarta – Tidak semua orang menyukai hidangan berbahan dasar daging sapi atau kambing. Bagi anda penggemar olahan dari daging ayam, kami punya resep ayam goreng serundeng bagi anda. Disajikan dengan ketupat dan sayur berkuah santan, ataupun dengan nasi hangat berteman lalapan segar dan sambal, sama lezatnya. Ayam goreng serundeng juga cukup bersahabat dihidangkan bagi tamu-tamu kecil yang biasanya tidak tahan dengan pedasnya hidangan Lebaran yang diolah dengan cabai.

Pada dasarnya, proses memasak ayam goreng serundeng hampir sama dengan pembuatan ayam goreng lainnya. Yang menjadikannya spesial adalah bumbu serundeng yang menjadi pelengkap. Agar serundeng tampil cantik, anda perlu memperhatikan penggunaan gula merah. Gula yang terlalu banyak bisa mengakibatkan serundeng cepat gosong, sehingga tampilannya kurang cantik. Untuk menambah gurih rasa ayam, gunakan air kelapa muda sebagai air perebus. Selain itu, dengan air kelapa daging ayam akan menjadi lebih cepat lunak.

Resep Ayam Goreng Serundeng

Bahan-bahan
Bahan:
1 ekor ayam kampung, bersihkan, potong 8 bagian
500 ml air kelapa muda
300 gr kelapa parut
Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
2 sdm gula merah iris
1 sdm garam
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
2 sdm air asam

Cara membuat :
Campurkan semua bumbu dan bahan kecuali ayam dan minyak goreng, masak hingga mendidih dan bumbu tercampur rata.
Masukkan potongan ayam, kecilkan api dan ungkep sampai ayam matang dan bumbu meresap. Angkat, tiriskan. Sisihkan bumbunya.
Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
Tumis sisa bumbu di atas wajan anti lengket hingga menjadi serundeng. Angkat. Sajikan sebagai pelengkap ayam goreng. (bens – sisidunia.com)