Home » Gaya Hidup » Tren Memelihara Ikan Louhan Sepertinya Akan Kembali Booming

Tren Memelihara Ikan Louhan Sepertinya Akan Kembali Booming



Pangkal Pinang – Ikan hias jenis louhan belakangan iniĀ memang peminatnya sudah semakin sepi. Namun, di Pulau Bangka sendiri, tren ikan louhan ternyata kembali booming. Nyatanya, ada sebuah komunitas yang menamakan diri Forum Pecinta Louhan (FPL) Ā di Bangka. FPL diketahui menggelar pameran dan mini kontes ikan louhan selama dua hari 27-28 Agustus 2016 di Gedung Panti Wangka Pangkalpinang.

Tren Memelihara Ikan Louhan Sepertinya Akan Kembali Booming

Pameran yang mereka adakan tersebut diikuti oleh 30 peserta lebih. Jenis louhan yang dipamerkan dalam event tersebut pun bermacam-maca. Kebanyakan yang dipamerkan adalah koleksi pribadi perseorangan. Para penghobi louhan Bangka pun berbondong-bondong datang untuk melihat ikan hias yang memiliki ciri khas jenong di kepala ini.Ā Firman selaku pengurus FPL Babel mengatakan hingga saat ini ikan louhan masih memiliki penggemar tersendiri. Tren memelihara ikan louhan sendiri sempatĀ booming di tahun 2001-2002, kini louhan kembali digemari untuk dipelihara di dalam akuarium rumah.

“Keunikan louhan membuat kita semakin penasaran untuk memeliharanya,” kata Firman.

Dari beberapa jenisĀ louhan yang dipamerkan di sini, mata pengunjung akan tertarik melihat keindahanĀ ikan louhan cencu, atau suka disebut ikan louhan mutiara. FirmanĀ mengaku memelihara ikan louhan dari kecil hingga louhan tersebut berubah menjadi ikan hias yang cantik, punya kilauan sisik indah dan warna yang menawan mempunyai kepuasan tersendiri.

(bimbim)