Home » Otomotif » Porsche Bangun Mobil Perang SUV

Porsche Bangun Mobil Perang SUV



Jakarta – Siapa bilang Porsche hanya piawai membuat mobil sport saja. Pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman ini pernah membangun SUV tangguh bernama 597 Jagdawagen jauh sebelum Mercedes-Benz menciptakan G-Class.

Porsche Bangun Mobil Perang SUV

Porsche memproduksi 597 Jagdawagen pada 1955-1958 dengan penggunaan terbatas di instansi militer. Dari sisi desain, Ferdinand Porsche selaku penggagas 597 banyak terpengaruh dari Volkswagen Kubelwagen dengan peningkatan pada aspek penampilan dan kinerja.

Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga maksimum 50 Tk dan membuat mobil melaju hingga kecepatan maksimum 100 km/jam. Kemampuan di medan offroad juga mumpuni karena mampu menanjak dengan kemiringan hingga 65 derajat.

Porsche memiliki kesulitan memproduksi 597 dalam jumlah besar, dan hanya mampu menggarap 71 unit dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun. Dari jumlah itu, 49 unit di antaranya menggunakan spesifikasi untuk sipil.

Salah satu unit 597 yang tersisa akan dilelang bulan depan oleh rumah lelang Bonhams, di Inggris. Mobil yang diproduksi pada 1957 tersebut ditaksir bakal laku dengan harga maksimal 200 ribu pound sterling atau sekira Rp 3,47 miliar.

Selama ini Porche memang terkenal dengan mobil mewah dan sport. Namun Kali ini mereka membangun sebuah mobil perang yang penggunaan terbatas di instansi militer,
(Legolas – sisidunia.com)