Home » News » Mendagri Pastikan PIlkada 2017 Akan Tetap Sesuai Jadwal

Mendagri Pastikan PIlkada 2017 Akan Tetap Sesuai Jadwal



Jakarta – Terkait dengan wacana diundurnya tanggal pemungutan suara dalam Pilkada 2017 mendatang, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo pun angkat bicara. Komisi Pemilihan Umum (KPU) diyakininya sudah memperhitungkan penetapan tanggal 15 Februari 2017 sebagai waktu pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak. Tjahjo tidak sependapat terkait wacana diundurnya hari pemungutan suara.

Mendagri Pastikan PIlkada 2017 Akan Tetap Sesuai Jadwal

“Bagi kami KPU dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) tidak membuat peraturan yang menyimpang dari Undang Undang. Kami mendukung hal-hal yang dibawa oleh DPR, KPU dan Bawaslu, sepanjang tidak melanggar Undang-Undang,” kata Tjahjo Kumolo dalam keterangannya kepada awak media di Jakarta, Selasa, (30/8/2016).

Menurut Tjahjo, lantaran sudah ditetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai tanggal pemungutan suara yang sudah sesuai perhitungan yang rinci, maka, pengunduran hari pemungutan suara, akan mengganggu tahapan persiapan pilkada. Meskipun hanya mundur satu atau dua hari saja .

“Kalau diundur satu hari akan mengganggu tahapan pilkada berikutnya. Bukan angka keramat, hari Rabu itu yang di tengah-tengah, kalau Jumat (pemungutan suara) sudah lari semua. Malah bagus itu (Rabu) masih di awal-awal kerja,” kata mantan Sekretaris Jenderal PDIP tersebut.

(bimbim)