sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Madura Dinilai Layak Berstatus Sebagai Provinsi

Madura Dinilai Layak Berstatus Sebagai Provinsi



Surabaya – Panitia Nasional Pembentukan Provinsi Madura meminta pemerintah pusat untuk memberikan perlakuan khusus dalam dalam syarat administratif pemekaran wilayah yang diatur dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Madura Dinilai Layak Berstatus Sebagai Provinsi

Anggota Tim Kajian Akademik Panitia Nasional Pembentukan Provinsi Madura, Deni Setya Bagus Yuherawan, mengatakan, dalam pasal 35 UU tersebut, syarat administratif pemekaran provinsi minimal memiliki lima daerah administratif.

Saat ini, Madura hanya memiliki empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Sementara itu, pada pasal 18 UU tersebut, prinsip pemekaran wilayah harus memperhatikan karakteristik daerah yang bersangkutan. Madura, lanjut dia, memiliki karakteristik historis tersendiri yang sudah dipahami banyak orang sejak Indonesia berdiri.

“Madura saat Indonesia masih berbentuk Republik Indonesia Serikat (RIS), berstatus negara bagian, jadi saat Indonesia berubah republik, harusnya layak berstatus provinsi, sama dengan Jawa Timur,” katanya di Forum Konsolidasi Persiapan Provinsi Madura di Surabaya, Minggu (28/8/2016).

Karena itu, panita sepakat untuk mengajukan judicial review agar pasal syarat administratif pemekaran provinsi tidak diterapkan di proses pembentukan provinsi Madura.

“Kalau harus membentuk satu daerah lagi sesuai pasal 35, akan memakan waktu yang sangat lama.” kata wakil rektor Universitas Trunojoyo Madura itu.
(Legolas – sisidunia.com)