sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Kopi Luwak Bali Tembus Pasar Eropa

Kopi Luwak Bali Tembus Pasar Eropa



Bali – Produksi kopi luwak Bali berhasil menembus pasaran ekspor ke negara-negara di kawasan Eropa. Tidak hanya itu, kopi jenis ini pun telah memiliki agen pemasaran resmi berkantor pusat di Polandia.

Kopi Luwak Bali Tembus Pasar Eropa

“Produk kopi luwak yang diolah dari kopi arabika yang tumbuh di kawasan wisata Kintamani, Kabupaten Bangli, itu memiliki keunggulan yang diakui konsumen mancanegara, di antaranya cita rasa yang khas,” kata seorang eksportir kopi luwak dari Kabupaten Bangli Raka Santhi Armini, Minggu (28/8/2016)

Dia mengatakan, sejak awal Agustus lalu mata dagangan kopi luwak telah diserap pasar Eropa dengan standar uji laboratorium yang telah lulus okratoksin, sesuai yang dituntut konsumen dan pembeli.

“Ekspor perdana setelah penandatanganan dengan mitra kerja, kami telah mengirimkan 50 kilogram kopi luwak ke pasaran Eropa,” ujar Raka Santhi Armini.

Dia menjelaskan, lulus uji standar mutu okratoksin menandakan bahwa kopi luwak yang diekspor telah terbebas dari kandungan jamur.

Pasaran negara-negara di kawasan Eropa terhadap produk kopi sangat selektif dan ketat, sehingga harus sesuai dengan standar mutu yang harus dibuktikan dengan uji laboratorium.

Karenanya, proses pengiriman produk kopi ke negara tujuan juga menjadi hal yang harus mendapat perhatian, selain menyangkut pengepakan maupun pengurusan dokumen kelengkapan.

Raka Santhi Armini menambahkan, ekspor kopi luwak dari Bali selama ini sebenarnya telah menembus sejumlah negara. Hal itu terjadi setelah mereka sukses mengadakan pameran di Korea dan sejumlah negara di kawasan Asia lainnya, mengingat budaya minum kopi di negara tersebut sangat bagus.