Home » News » Kim Jong Un Klaim Amerika Kini Berada Dalam Jarak Tembak Nulir Korut

Kim Jong Un Klaim Amerika Kini Berada Dalam Jarak Tembak Nulir Korut



Pyongyang – Keberhasilan uji coba perdana peluncuran rudal dengan kapal selam milik Korea Utara membuat pemimpin negara itu, Kim Jong Un mengatakan bahwa jarak tembak senjata nuklirnya sekarang mampu melampaui hingga dataran Amerika Serikat.

Kim Jong Un Klaim Amerika Kini Berada Dalam Jarak Tembak Nulir Korut

Seperti dikutip KCNA, daratan Amerika dan wilayah operasinya di Pasifik sekarang kini berada dalam jarak tembak Korut. Dia juga memperingatkan Amerika dan Korea Selatan untuk tidak mengganggu harga diri dan keamanan Korea Utara kalau tidak mau mendapatkan serangan mematikan.

Pernyataan yang bernada ancaman tersebut segera memicu tanggapan dari mantan juru runding Amerika saat berhadapan dengan Korut, Joel Wit. Ia mengatakan bahwa dia tengah mencermati hal tersebut namun dirinya mengaku tidak khawatir terkait dengan pernyataan yang bernada ancaman tersebut.

“Karena — terlepas dari keberhasilan ini — kami tidak berada dalam jarak tembak senjata nuklir mereka,” ujar Wit.

Ancaman terhadap daratan Amerika itu belum muncul nyata, karena belum ada bukti Korut mampu memperkecil senjata nuklirnya agar bisa dipasang di hulu ledak rudal. Dan juga sangat tidak mungkin mereka bisa membawa kapal selam hingga ke wilayah pantai Amerika, sementara rudal baru buatan Korut hanya memiliki jangkauan 600 mil (965 km).

Namun Wit mengatakan ada alasan untuk mewaspadai Korut.  Hal yang paling patut diwaspadai adalah bahwa Korut sedang dalam proses mengembangkan rudal balistik antar benua (intercontinental ballistic missile/ICBM), ujarnya.

“Karena ini satu langkah lebih maju bagi Korea Utara dalam membuat senjata nuklir dan rudal dan menembakkannya,”ujar Wit.

“Kalau mereka berhasil membuat ini, maka mereka akan mampu menjangkau Amerika Serikat dan tentu ini akan menjadi masalah serius bagi kita semua,” kata Wit.

(bimbim)