sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Jokowi Lantik Hasyim Asyari Jadi Komisioner KPU

Jokowi Lantik Hasyim Asyari Jadi Komisioner KPU



Jakarta – Presiden Joko Widodo melantik Hasyim Asyari menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/8). Hasyim ditunjuk menggantikan ketua KPU sebelumnya, Husni Kamil Manik, yang wafat Juli lalu.

Jokowi Lantik Hasyim Asyari Jadi Komisioner KPU

Tahun 2012, Hasyim masuk dalam daftar calon komisioner KPU hasil seleksi panitia seleksi yang dibentuk pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada perhitungan suara di DPR, Maret 2012, Hasyim menempati posisi delapan dengan 32 suara. Ia pun gagal menjadi komisioner KPU. Selama 2003 hingga 2008, Hasyim menjabat anggota KPU Jawa Tengah. Sebelumnya, ia menjejaki karier sebagai anggota Komite Independen Pemantau Pemilu Kudus pada pemilu 1999. Tahun 2015, Hasyim turut berperan pada penyusunan naskah akademik Rancangan Undang-Undang Pemilu.

Usai pelantikan, Hasyim mengemukakan ide pemilihan pendahuluan sebelum pilkada. Menurutnya, pemilihan itu memungkinkan partisipasi publik pada penjaringan bakal calon kepala daerah di tingkat parpol.

Hasyim berkata, pemilihan pendahuluan vital pada sistem pemilihan proporsional terbuka atau tertutup. Masyarakat ikut menentukan siapa yang pantas didaftarkan ke penyelenggara pemilu.

“Supaya sejak awal rakyat ikut menentukan calon yang dianggap mewakili pemilih,” ucapnya.

Hasyim mengatakan, seluruh komisioner KPU akan terus mempelajari seluruh sistem pemilu yang ada. Namun sebagai pelaksana beleid, KPU wajib menjalankan sistem yang disepakati pemerintah dan DPR melalui undang-undang.
(Legolas – sisidunia.com)