Home » News » Asap Kebakaran Hutan Riau Akan Berdampak ke Singapura dan Malaysia

Asap Kebakaran Hutan Riau Akan Berdampak ke Singapura dan Malaysia



Riau – Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko mengatakan peningkatan titik panas di Sumatera khususnya di Riau pada hari ini dapat memperbesar potensi asap kebakaran memasuki wilayah Singapura dan Malaysia.

Asap Kebakaran Hutan Riau Akan Berdampak ke Singapura dan Malaysia

“Dari pantauan citra satelit terbaru pukul 16.50 WIB memang tampak sebaran asap kebakarannya di sana tapi belum masuk ke Singapura. Sebaran asap masih di sekitar Selat Malaka,” kata Hary.

Hary menjelaskan, sebaran pergerakan asap kebakaran bergantung pada kondisi cuaca dan arah angin. Sejauh ini asap belum bisa mencapai Singapura karena tekanan angin masih lemah serta curah hujan di beberapa lokasi titik panas.

Curah hujan sangat membantu meredamkan titik api sekaligus asap yang ditimbulkan dari kebakaran. Namun, kata Hary, curah hujan yang ada saat ini terindikasi tidak terlalu lebat sehingga belum sepenuhnya bisa menghilangkan asap kebakaran.

“Kalau lihat indikasi hari ini di beberapa lokasi hot spot ada yang turun hujan tapi tidak cukup lebat. Maka potensi asap kebakarannya masih ada dan tidak jauh ke Singapura,” tuturnya.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, peningkatan titik panas paling banyak ditemukan di beberapa wilayah di Riau seperti Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, Rokan Hulu, dan Dumai.
(Legolas – sisidunia.com)