sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Serikat Pekerja PGN Tolak Rencana Akuisisi Oleh Pertamina

Serikat Pekerja PGN Tolak Rencana Akuisisi Oleh Pertamina



Jakarta – Serikat Pekerja PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menolak rencana pembentukan perusahaan induk (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor migas melalui proses akuisisi oleh PT Pertamina (Persero).

Serikat Pekerja PGN Tolak Rencana Akuisisi Oleh PertaminaSerikat Pekerja PGN Tolak Rencana Akuisisi Oleh Pertamina

Ketua Umum Serikat Pekerja PGN, M Rasyid Ridha mengatakan, akuisisi Pertamina terhadap PGN ujungnya hanya akan melemahkan atau mengerdilkan PGN. Ia beralasan, bisnis PGN dan Pertamina merupakan bisnis yang saling menggantikan (subsitusi).

“Bila PGN di bawah Pertamina, maka akan terjadi conflict of interest. Pertamina tentu tidak ingin bisnis minyaknya berkurang karena penyaluran gas PGN terus meluas,” ujarnya, Jumat (26/8/2016).

Rasyid menilai, konsep holding yang tepat adalah memperkuat seluruh BUMN di bidang energi seperti PT PLN di sektor kelistrikan, PGN di sektor gas bumi, dan Pertamina diperkuat dari sisi produksi hulu minyaknya. Jadi, lanjut Rasyid, semestinya holding energi harus meliputi setidaknya PGN, Pertamina, dan PLN.

“Hal ini akan meningkatkan kedaulatan energi nasional melalui sinergi nyata dan menghilangkan friksi yang kerap terjadi di ketiga BUMN tersebut, dan tentu akan memperlancar program andalan pemerintah yaitu 35 ribu megawatt,” tuturnya.

Selain itu, Rasyid mengatakan, holding energi seyogyanya juga merupakan perusahaan baru seperti PT Pupuk Indonesia dan PT Semen Indonesia, dan bukan hanya alih status dari salah satu BUMN saja.
(Legolas – sisidunia.com)