Home » News » Jarak Pandang di Pekan Baru Mulai Mengganggu Akibat Asap Tebal

Jarak Pandang di Pekan Baru Mulai Mengganggu Akibat Asap Tebal



Riau – Kebakaran lahan kembali terjadi di Riau yang membuat kualitas udara memburuk. Asap tebal mengepung Pekanbaru yang membuat jarak pandang kian memburuk. Data yang dirilis BMKG Pekanbaru, Sabtu (27/8/2016) menunjukan dua kota di Riau saat ini di kepung asap. Kedua kota itu adalah Pekanbaru dan Dumai.

Jarak Pandang di Pekan Baru Mulai Mengganggu Akibat Asap Tebal

Di kedua wilayah ini, asap mengepung sejak pagi hingga siang ini. Jarak pandang di Pekanbaru maksimal hanya 2,5 Km. Sedangkan untuk Kota Dumai jarak pandang hanya 1,5 Km. Padahal sehari sebelumnya, jarak pandang di Pekanbaru masih tembus 10 Km dan Dumai masih tembus di atas 5 Km. Buruknya udara saat ini tidak lain disebabkan masih maraknya aktivitas pembakaran lahan di Riau.

Data BMKG hari ini, saat ini sebaran titik panas di Sumatera mencapai 65 titik. Sebaran panas paling banyak di Riau, yaitu 61 titik panas. Dari jumlah itu level confident 70 persen. Sehingga titik api masih muncul sebanyak 49 titik api. Sebaran itu ada di Kabupaten Rokan Hilir 31, Bengkalis 7, Siak 10 dan Kampar 1.

Masyarakat Riau kini mulai khawatir akan terjadinya kabut asap seperti tahun sebelumnya. Padahal, Presiden Jokowi sudah menegaskan akan mencopot Kapolres, Komandan Kodim yang di wilayahnya terdapat kebakaran lahan. Tinggal menunggu komitmen Presiden Jokowi untuk menepati janjinya soal Karhutla ini.
(Legolas – sisidunia.com)