Home » News » Data, Remaja Perempuan Yang Merokok di Indonesia Meningkat Tajam

Data, Remaja Perempuan Yang Merokok di Indonesia Meningkat Tajam



Jakarta – Masyarakat yang merokok mulai menjadi perhatian sebagian besar orangtua. Pasalnya anak-anak dibawah umur sudah berani dan bisa membeli rokok sebungkus.

Data, Remaja Perempuan Yang Merokok di Indonesia Meningkat Tajam

Ketua Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives Dian Saminarsi mengungkapkan anak di bawah umur 18 tahun sudah banyak mulai merokok. Bahkan kata Dian tercatat kenaikannya lima kali lipat dari lima tahun yang lalu.

“Dari data lima tahun terakhir anak di bawah umur yang merokok meningkat lima kali lipat,” ujar Dian di Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Hal yang membuat Dian sedih bahwa mayoritas perokok di bawah umur adalah gadis remaja. Tanpa ada pengawasan ketat dari orangtua, anak-anak tersebut bisa membeli sebungkus rokok dengan mudah

“Anak perempuan tercatat meningkat signfikan,” kata Dian.

Menurut Dian permasalahan bukan terletak pada menghancurkan industri rokok, melainkan menjaga generasi muda tidak menjadi perokok aktif. Karena hal yang difokuskan Dian, bagaimana sebungkus rokok tidak dibeli oleh anak-anak di bawah umur.

“Masyarakat harus pintar, konsumen mana yang harus dilindungi yaitu generasi muda. Kita tidak bicara pemberangusan industri,” kata Dian.