sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Otomotif » Taksi Tanpa Sopir Resmi Beroperasi di Singapura

Taksi Tanpa Sopir Resmi Beroperasi di Singapura



Jakarta – Sebuah taksi otonom pertama di dunia yang dikembangkan oleh nuTonomy secara resmi beroperasi di jalan raya Singapura mulai hari ini (25/8/2016). Sebagai awalan, layanan ini ditawarkan secara terbatas dengan jumlah armada sebanyak enam unit mobil dan akan ditambah hingga 12 unit di akhir tahun.

Taksi Tanpa Sopir Resmi Beroperasi di Singapura

Di awal kemunculannya, mobil otonom ini memiliki keterbatasan jangkauan. Layanan taksi hanya menerima pesanan dengan jarak tempuh maksimal 6,5km untuk area bisnis dan kawasan pemukiman baru “one-north” di brat Singapura.

Mobil hasil modifikasi Renault Zoe dan Mitsubishi i-MiEV ini memang belum sepenuhnya otonom. Ada seorang pengemudi yang bersiap untuk kemungkinan terburuk saat mobil lepas kendali, dan seorang ahli teknis yang memantau pergerakan mobil melalui komputer.

Sejauh ini nuTonomy juga telah menerima pendaftaran dari 12 pengemudi yang tertarik bergabung mencicipi taksi otonom. Dalam pernyataan resmi seperti dilansir Japan Today, nuTOnomy memastikan akan merilis taksi otonom sepenuhnya tanpa pengemudi di Singapura tahun 2018. Misi utama perusahaan yakni memangkas jumlah mobil yang dipakai untuk beraktivitas.

Perusahaan rintisan yang bergerak dalam bidang piranti lunak khusus untuk kendaraan otonom ini menjadi yang pertama mendapatkan ijin dari pemerintah Singapura untuk mengoperasikan taksi otonom di jalan raya. Selain Singapura, kabarnya tim nuTonomy juga tengah menjajaki kemungkinan untuk melakukan ekspansi di beberapa negara di Asia, Eropa, dan Amerika.
(Legolas – sisidunia.com)