Home » News » Pasukan Khusus, Tank Dan Pesawat Tempur Turki Mulai Masuki Suriah

Pasukan Khusus, Tank Dan Pesawat Tempur Turki Mulai Masuki Suriah



Istanbul – Turki mengirim lebih banyak tank ke wilayah perbatasan Suriah utara dan menuntut pejuang milisi Kurdi mundur dalam kurun waktu sepekan. Langkah ini dilakukan Turki dalam upaya untuk mengamankan wilayah perbatasan dan memukul kelompok militan ISIS untuk menjauhi wilayah perbatasan. Pasukan khusus, tank dan pesawat tempur Turki mulai memasuki Suriah, melalui Jarablus pada Rabu (24/8/2016), didukung oleh koalisi serangan udara AS. Kota ini merupakan salah satu markas terakhir ISIS di perbatsan Turki-Suriah.

Pasukan Khusus, Tank Dan Pesawat Tempur Turki Mulai Masuki Suriah

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan para pejabat senior pemerintah menegaskan bahwa “Operasi Pertahanan Efrat” bertujuan untuk menghentikan milisi YPG Kurdi agar tidak merebut wilayah tersebut dan berupaya memberantas ISIS.

Turki, yang merupakan negara yang memiliki angkatan bersenjata terbesar kedua di NATO, menuntut agar milis YPG mundur ke sisi timur sungai Efrat dalam waktu sepekan. Milisi Kurdi ini bergerak mendekati wilayah barat sungai itu sejak awal bulan ini, sebagai bagian dari operasi yang didukung AS untuk merebut kota Manbij dari cengkraman ISIS.

Ankara memandang YPG sebagai ancaman karena berhubungan dekat untuk militan Kurdi PKK, yang kerap meluncurkan pemberontakan selama tiga dekade terakhir. Namun, sikap Turki ini bertentangan dengan AS yang menilai YPG sebagai sekutu dalam memberantas ISIS di Suriah.
(Legolas – sisidunia.com)