Home » News » Korban Gempa Italia Jadi 73 Orang Dan Terus Bertambah

Korban Gempa Italia Jadi 73 Orang Dan Terus Bertambah



Roma – Gempa berkekuatan 6,2 skala richter melanda Italia bagian tengah. Menurut informasi dari petugas Italia, akibat gempa tersebut 73 orang tewas. 53 orang yang tewas berasal dari Amatrice, Propinsi Rieti, Region Umbria, Italia tengah.

Korban Gempa Italia Jadi 73 Orang Dan Terus Bertambah

Sementara, di kota Accumoli, Propinsi Rieti, Region Umbria, tim evakuasi mengerahkan anjing penolong untuk mencari korban yang selamat. Saat ini, tim penyelamat sedang berjuang mencapai beberapa kota-kota terpencil itu untuk menyelamatkan para korban.

Menurut rilis yang diperoleh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma, Italia, gempa tersebut terjadi pada 24 Agustus 2016, Pukul 03.36 waktu setempat pada kedalaman 10 kilometer dari permukaan bumi di propinsi Rieti, bagian tengah Italia. Gempa tersebut diikuti beberapa gempa susulan dengan kekuatan antara 5,4–3 SR.

Guncangan gempa telah mengakibatkan kerusakan berat pada bangunan-bangunan yang berada di wilayah Accumoli, Amatrice dan Arquata del Tronto. Ketiganya masuk Propinsi Rieti, Region Umbria, Italia tengah.

“Hingga keterangan ini diturunkan, diberitakan 22 orang menjadi korban meninggal dunia, yaitu 6 orang di Accumoli, 5 orang di Amatrice dan 11 orang di Pescara del Tronto,” kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Roma, Aisyah Allamanda, Rabu (24/8/2016).

Menurut Aisyah, hingga kini, belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Italia mengenai jumlah korban dan kerugian yang ditimbulkan.

“Sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban dalam peristiwa ini. KBRI Roma dan KBRI Vatikan terus melakukan kontak dengan WNI di sekitar lokasi gempa,” katanya.