sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Menghina Militer di Facebook, Myanmar Adili Warganya

Menghina Militer di Facebook, Myanmar Adili Warganya



Yangon – Pengadilan Myanmar mendakwa seorang pria karena menghina petinggi militer dan mantan presiden di media sosial. Polisi dan jaksa militer telah mengajukan gugatan terhadap Hla Phone, 38, setelah mem-posting gambar diedit pada akun Facebook-nya. Isinya menunjukkan kepala militer, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, mengenakan rok perempuan tradisional di kepalanya.

Menghina Militer di Facebook, Myanmar Adili Warganya

Gambar lain menunjukkan karikatur mantan presiden dan purnawirawan jenderal Thein Sein dengan kata-kata “kami adalah pembunuh”, dan gambar ketiga menunjukkan bendera nasional di sepatu. Selama lebih dari 50 tahun sejak 1962, militer berkuasa penuh dalam dunia politik Myanmar hingga mulai menarik diri pada 2011. Pada 2015, pemilu akhirnya dimenangkan oleh partai yang dipimpin oleh ikon demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Meski begitu, militer mempertahankan peran utama dalam politik dengan jatah 25 persen kursi di parlemen dan tiga posisi di kementerian penting, termasuk dalam negeri yang mengawasi kebijakan.

Hla Phone, yang telah dipenjara sejak ditangkap pada Februari, membantah melakukan kesalahan, mengatakan ia tidak mem-posting gambar-gambar itu dan polisi telah salah tangkap.

“Ini adalah salah tangkap dan saya telah menghabiskan enam bulan dan 12 hari di penjara Insein,” katanya kepada wartawan di luar pengadilan di kota Yangon pada Senin (22/8/2016).
(Legolas – sisidunia.com)