Home » News » BPOM Minta Masyarakat Tak Lagi Beli Obat Lewat Internet

BPOM Minta Masyarakat Tak Lagi Beli Obat Lewat Internet



Jakarta – Badan POM dalam aksinya di Bundaran HI saat Car Free Day mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membeli obat-obatan melalui penjualan di internet. Hal itu, menurut Kepala BPOM, Penny L Lukito mengatakan bahwa obat yang terjual di internet, diragukan keasliannya sehingga akan berbahaya bagi konsumen.

BPOM Minta Masyarakat Tak Lagi Beli Obat Lewat Internet

“Jangan beli obat-obatan dari internet. Beli lah di apotek yang resmi dan memiliki izin. Obat dari internet belum tentu dijamin keasliannya,” tegas Penny di lokasi acara, Minggu (21/8/2016).

Dirinya menjelaskan bahwa obat yang dijual melalui internet sebagian besar telah mengalami rekondisi dengan mengganti kemasan dan tanggal kadaluarsa, serta mempunyai harga lebih murah dibanding Apotek. Hal yang seperti itu, menurut Penny di luar dari pengawasan BPOM dan tidak mempunyai izin penjualan. Selain itu, akan banyak efek sampingnya jika masyarakat tetap membeli.

“Banyak efek sampingnya kalau masyarakat menggunakan obat tanpa izin dan akan merugikan konsumen dari berbagai sisi,” tambahnya.

Memang sekarang ini terdapat banyak obat yang beredar di internet dengan harga yang lebih murah dan terjangkau dari pada di pasaran pada umumnya. Tetapi kualitas dan keaslian obat tersebut tidak serta merta mendapatkan jaminan mutu yang bagus dan layak untuk dikonsumsi oleh orang.
(Legolas-sisidunia.com)