Home » Ekonomi & Bisnis » Pertamina Targetkan Cadangan Migas Sampai 400 Persen

Pertamina Targetkan Cadangan Migas Sampai 400 Persen



Jakarta – PT Pertamina (Persero) menargetkan rasio cadangan minyak dan gas bumi (migas) atau reserve replacement ratio (RRR) tumbuh 200 – 400 persen per tahun untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Penurunan produksi alamiah dan anjloknya harga minyak dunia menjadi tantangan terbesar Pertamina saat ini.

Pertamina Targetkan Cadangan Migas Sampai 400 Persen

Bambang Manumayoso, Ketua Tim Tata Kelola Upstream Pertamina mengatakan, upaya eksplorasi yang dilakukan suatu perusahaan migas tidak bisa hanya demi kepentingan saat ini. Namun juga untuk masa depan.

“Secara korporasi Pertamina adalah Indonesian Flag Carrier. Pertamina menurut Undang-Undang harus mengamankan kebutuhan energi nasional, baik migas maupun geothermal,” kata Bambang.

Menurut dia, upaya yang dilakukan Pertamina saat ini adalah menahan penurunan produksi dengan menggunakan teknologi tepat guna. Selain itu, Pertamina juga harus terus melakukan eksplorasi. Karena tanpa itu, tidak akan mampu menggantikan maupun menambah cadangan yang sudah diproduksikan.

“Strategi Direktorat Hulu secara korporasi sudah sangat jelas, bahwa bagaimana caranya produksi migas Hulu harus bisa naik, dan reserve replacement ratio (RRR) juga harus naik sehingga reserves yang sudah diproduksikan harus diganti dengan reserves baru yang lebih tinggi, sehingga perusahaan bisa lebih panjang hidupnya, untuk itu kami sebagai salah satu Anak Perusahaan Hulu bertekad untuk mengejar target tersebut,” kata Bambang yang juga menjabat sebagai Direktur Pengembangan PT Pertamina Hulu Energi (PHE).
(Legolas – sisidunia.com)