Home » News » Jemaah Haji Diminta Tak Ajak Polisi Saudi Berfoto Selfie

Jemaah Haji Diminta Tak Ajak Polisi Saudi Berfoto Selfie



Mekkah – Di Arab Saudi ada beberapa objek yang memang dilarang untuk diambil gambarnya. Bukan hanya itu, tak semua orang juga bisa diajak berfoto bersama (Selfie). Salah satunya yang tak boleh difoto yakni polisi Saudi (Ashkar).

Jemaah Haji Diminta Tak Ajak Polisi Saudi Berfoto Selfie

Kepala Seksi Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Makkah Wagirun Topan Tuwinangun telah memperingatkan terkait hal tersebut ketika apel di Daker Makkah, Jumat (19/8/2016). Wagirun mengingatkan hal tersebut bagi para jemaah. “Sebaiknya tidak selfie di tempat strategis milik Saudi misalnya kantor polisi atau foto bersama polisi atau memfoto polisi,” kata Wagirun.

Peringatan dari Wagirun tersebut tampaknya cukup serius. Seperti dilihat dari sejumlah pengalaman ketika dirinya bertugas selama ini ada beberapa kasus foto baik jemaah maupun petugas haji yang sampai berakhir di tahanan. Aparat keamanan Saudi memang sangat sensitif terhadap penggunaan foto.

Wagirun memang tidak mengatakan bahwa penggunaan kamera ponsel di Masjidil Haram saat ini tak dilarang. Kamera yang tidak diperbolehkan dipakai di Masjidil Haram adalah kamera besar, handycam, ataupun tengah melakukan siaran langsung.

(bimbim)