sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Satu WNI Yang Disandera Abu Sayyaf Bebas Dengan Cara Berenang

Satu WNI Yang Disandera Abu Sayyaf Bebas Dengan Cara Berenang



Jakarta – Muhamad Sofyan, Warga Negara Indonesia yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) TB Charles, ternyata melarikan diri dengan cara berenang setelah sebelumnya diculik dan diancam akan dipenggal kepalang.

Satu WNI Yang Disandera Abu Sayyaf Bebas Dengan Cara Berenang

Menurut juru bicara militer Filipina Mayor Filemon Tan seperti dikutip dari Reuters, Sofyan pertama kali ditemukan mengambang di laut oleh warga Pulau Jojo. Dia lolos dari maut setelah kabur di tengah kegelapan.

“Kami diberitahu ia berhasil melarikan diri dengan berjalan dan berenang ke laut,” kata Tan, seraya menambahkan bahwa Sofyan kelompok militan hendak mengeksekusinya.

“Kami tidak memiliki informasi tentang para tawanan lain tetapi pasukan di daerah diperintahkan untuk menggunakan segala cara untuk mencari dan menyelamatkan para sandera,” tambahnya.

Tanggal 23 Juni, kelompok Abu Sayyaf melakukan penyergapan di atas kapan TB Charles, milik perusahaan pelayaran PT PP Rusianto Bersaudara. Kapal itu mengangkut 13 awak buah kapal. Namun, hanya tujuh orang yang disandera.

Salah seorang ABK sempat menelepon istri yang tinggal di Samarinda, Kalimantan Timur. Korban meminta agar istrinya segera mengabarkan peristiwa penyanderaan kepada wartawan, kepolisian, pemerintah, dan pihak perusahaan. Dalam komunikasi itu, korban mengatakan bahwa kelompok militan meminta tebusan 20 juta ringgit.

Setelah mendengar tersebut, pihak Kemenlu langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Filipina. Sekitar pukul 13.00 hari ini setempat Menlu RI Retno Marsudi sudah berkomunikasi dengan Menlu Filipina dan memperoleh konfirmasi mengenai bebasnya satu orang sandera tersebut.
(Legolas – sisidunia.com)