Home » News » Berita Internasional : Thailand Rilis Surat Penangkapan Tersangka Ledakan Bom

Berita Internasional : Thailand Rilis Surat Penangkapan Tersangka Ledakan Bom



Bangkok – Pengadilan militer Thailand merilis surat perintah penangkapan tersangka kedua terkait rangkaian ledakan bom pada pekan lalu yang merenggut empat nyawa dan melukai puluhan orang lainnya.

Berita Internasional : Thailand Rilis Surat Penangkapan Tersangka Ledakan Bom

“Pengadilan telah menerima surat penangkapan satu tersangka kasus ledakan. Kami tidak dapat menjabarkan identitas individu itu,” ujar komandan Divisi Perencanaan Perlawanan Kejahatan Thailand, Chaiyapol Chatchaidet.

Ini merupakan penangkapan kedua terkait rangkaian ledakan pada pekan lalu. Pada Minggu (14/8/2016), kepolisian Thailand mengeluarkan surat penangkapan untuk salah satu tersangka yang diduga juga melakukan pembakaran.

Rangkaian ledakan ini terjadi di tujuh provinsi berbeda pada Kamis hingga Jumat pekan lalu, hanya berselang beberapa hari setelah Thailand mengadakan referendum untuk mengadopsi konstitusi yang disokong militer.

Pada Senin (15/8/2016), Menteri Pertahanan Thailand, Prawit Wongsuwan, mengatakan bahwa serangan ini bisa jadi melibatkan pemberontak yang dipekerjakan khusus untuk melakukan pengeboman.

Thailand sendiri merupakan negara dengan mayoritas penduduk Buddha. Namun, tiga provinsi di wilayah selatan negara itu, yaitu Pattani, Yala, dan Narathiwat didominasi oleh penduduk Muslim. Mereka menolak peran pemerintah pusat. Sejak melakukan perlawanan besar pada 2004, lebih dari 6.500 orang tewas dalam berbagai insiden penembakan dan serangan pembakaran.
(Legolas – sisidunia.com)