sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pria Asal Yogyakarta Ciptakan Becak Listrik

Pria Asal Yogyakarta Ciptakan Becak Listrik



Yogyakarta – Salah seorang pria di Yogyakarta bernama Wiwien Mardi Rahajo memiliki ide untuk menciptakan becak denga tenaga listrik. Ide tersebut muncul disebabkan dirinya kasihan melihat seorang tukang becak tua tengah mengayuh becak.

Pria Asal Yogyakarta Ciptakan Becak Listrik

Becak listrik pun dipilih sebagai ide karena dinilai tidak akan melanggar Undang-Undang Lalu Lintas. Selain itu juga mampu membantu kesulitan pengayuh becak. Kurang lebih dua bulan dirinya merangkai becak listrik tersebut. Pada percobaan yang keenam, ia mampu menyempurnakan kendaraan itu. Dengan dibantu oleh tukang becak yang ia kenal, Wiwien banyak diberi masukan mengenai apa yang kurang dan harus ditambahkan ke becak listrik tersebut.

“Saat yang paling sulit itu harus menyesuaikan dinamo dan beban, karena becaknya sudah berat,” kata Wiwien, seperti dikutip dari KRjogja.

“Di setiap transportasi listrik yang saya buat selalu memiliki penunjuk voltase, berguna untuk melihat indikator baterai layaknya indikator bensin di mobil,” ujar dia.

Moda transportasi berbasis listrik memang mengacu pada aspek keramahan lingkungan. Maksudnya, tidak lagi menggunakan tenaga yang tidak tergantikan seperti bensin, namun menggantinya dengan memanfaatkan aliran listrik yang bisa kita buat sendiri.

Begitu pula dengan becak bikinan Wiwien Vegas. Becaknya tersebut pastinya ramah lingkungan dan ‘ramah’ ketika digunakan. Dengan kata lain, becak listrik meski menggunakan listrik sebagai daya utama namun tidak membebani biaya pengeluaran listrik rumah tangga.

“Dinamo 500 watt itu hanya membutuhkan listrik 100 watt saat pengisian daya,” tukas Wiwien. Bagi rumah tangga yang menggunakan daya listrik 450 watt masih sanggup dan tidak perlu menambah daya untuk mengisi daya becak listrik ini.

(bimbim)