Home » News » Kepadatan Kini Mulai Terlihat di Terminal Petikemas Surabaya

Kepadatan Kini Mulai Terlihat di Terminal Petikemas Surabaya



Surabaya – Manfaat pengerukan guna memperdalam kolam yang ada di pelabuhan di Terminal Petikemas Surabaya (TPS) semakin terlihat di Pelabuhan Tanjung Perak. Sudah ada sekitar tiga kapal besar yang datang untuk membongkar muatannya di terminal yang dikelola oleh Pelindo III tersebut pada awal Agustus ini.

Kepadatan Kini Mulai Terlihat di Terminal Petikemas Surabaya

“Setelah dilakukan revitalisasi pendalaman kolam dermaga internasional dari sebelumnya –10,5 meter LWS hingga menjadi –13 meter LWS, Terminal Petikemas Surabaya dapat melayani bongkar muat kapal besar dengan draftlebih dari –12 meter LWS,” papar Humas TPS M. Soleh, Minggu (14/8/2016).

Soleh memaparkan bahwa seiring dengan banyaknya kapal-kapal besar yang memasuki TPS, hal tersebut juga bisa berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur dan kawasan timur Indonesia. “Karena masuknya kapal-kapal besar tesebut akan meningkatkan efisiensi kinerja pelabuhan dan mendorong penurunan biaya logistik,” jelasnya.

Salah satu kapal besar itu adalah kapal MV Northern Democrat yang memiliki spesifikasi panjang 231 meter, bobot 36.007 ton, serta kapasitas muat mencapai 3.534 TEUs, mendarat untuk kali kedua pada Minggu (7/8/2016) pagi. Kapal yang berlayar langsung dari Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia, itu membongkar muatan peti kemasnya sebanyak 1.445 TEUs. Masih ada beberapa kapal besar lainnya yang terlihat bersandar di TPS.

(bimbim)