Home » News » 27 Orang PNS di Sultra Diduga Gunakan Ijazah Palsu

27 Orang PNS di Sultra Diduga Gunakan Ijazah Palsu



Kendari – Pihak Tim Investigasi dari pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) baru saja menemukan fakta bahwa ada 27 oknum aparat sipil negara (ASN) terbukti telah menggunakan ijazah palsu.

27 Orang PNS di Sultra Diduga Gunakan Ijazah Palsu

“Dari sebanyak 500 ASN lingkup Pemprov Sultra, yang terindikasi menggunakan ijazah palsu baru 27 yang terbukti dan akan dikenai sanksi, selebihnya akan diberikan sanksi secara bertahap hingga 500 ASN tersebut menerima sanksi secara keseluruhan,” kata Kepala Biro Humas Sultra, Kusnadi, di Kendari, Sabtu (13/8/2016).

Kusnadi juga membeberkan bahwa 27 ASN yang menggunakan ijazah palsu tersebut paling banyak ditemui berasal dari Dinas Kesehatan Sultra. Kemudian sisanya dari beberapa bagian SKPD lainnya di wilayah Sulawesi tenggara. “Para ASN yang menggunakan ijasah palsu tersebut digunakan untuk mengurus kenaikan pangkat atau dilakukan saat penyesuaian ijazah, ” katanya.

Daftar nama ASN yang telah terbukti menggunakan ijazah palsu itu akan disebutkan atau diumumkan pada sebuah kegiatan yang melibatkan semua ASN seperti para peringatan HUT RI.

“Sanksi ASN tersebut akan diturunkan pangkatnya sesuai dengan pangkat dasar sebelum gunakan ijazah palsu. Misalnya, jika ijazah palsu digunakan untuk pangkat 3A, yang bersangkutan akan dikembalikan ke pangkat dasarnya 2B,” katanya.

(bimbim)