Home » Ekonomi & Bisnis » Kantor Wapres Tolak Permintaan Gaikindo Terkait Dengan PPnBM Mobil Sedan

Kantor Wapres Tolak Permintaan Gaikindo Terkait Dengan PPnBM Mobil Sedan



Jakarta – Menurut data Kementerian Keuangan, pendapatan negara dan hibah mencapai Rp634,7 triliun, atau baru 35,5 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016 sebesar Rp1.786,2 triliun. Maka dari itu, menurut Sofjan, ada baiknya implementasi ini ditunda terlebih dahulu.

Kantor Wapres Tolak Permintaan Gaikindo Terkait Dengan PPnBM Mobil Sedan

Sofjan Wanandi, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, usulan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang meminta penurunan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sedan tidak akan disetujui pemerintah tahun ini. Seretnya penerimaan negara selama paruh pertama 2016, menjadi alasan penolakan tersebut.

“Sedan masih tetap harus bayar pajak sebesar itu. Karena selama pemerintah lagi susah duit, ya mending jangan dulu deh diturunkan PPnBM. Lihat setahun hingga dua tahun mendatang, karena kalau diturunkan sekarang ya dari mana uang negara?” ujar Sofjan.

Apalagi menurutnya, sejauh ini penjualan sedan masih jauh di bawah penjualan mobil di segmen lainnya. Ia mengacu pada data Gaikindo, di mana penjualan sedan sepanjang semester I 2016 hanya 7.308 unit, atau 1,4 persen dari total penjualan mobil nasional sebanyak 531.929 unit.

“Perlu dilihat juga, Indonesia ini kan lebih condong ke passenger car, bukan sedan. Dan jika PPnBM memang tujuannya untuk ekspor, pastikan Indonesia punya daya saing dibanding Thailand. Misalnya dengan memakai komponen dalam negeri,” ujarnya.
(Legolas – sisidunia.com)