Home » News » Iran Akhirnya Perbolehkan iPhone Beredar di Negaranya

Iran Akhirnya Perbolehkan iPhone Beredar di Negaranya



Teheran – Kini salah satu negeri asal timur tengah, yakni Iran, tengah mempersiapkan pemberian izin terhadap perusahaan-perusahaan lokal untuk bisa mengimpor iPhone untuk pertama kalinya. Menurut awak media pemerintah, pada Kamis (11/8/2016), hal tersebut dilakukan karena demi mencegah adanya penyelundupan produk Apple.

Iran Akhirnya Perbolehkan iPhone Beredar di Negaranya

Kementerian Perdagangan Iran pun langsung turun meminta izin dari Organisasi Promosi Perdagangan negara tersebut untuk memperbolehkan sembilan perusahaan Iran mengimpor iPhone menurut warta kantor berita Tasnim. Toko-toko Apple tidak resmi tersebut sangat banyak bertebaran di pusat perbelanjaan kelas atas di Teheran, dan banyak pemuda dan penduduk kaya negeri itu menggunakan iPhone model terbaru.

Pemerintah kebanyakan tidak terlalu peduli terhadap penyelundupan besar-besaran telepon genggam dan produk negara Barat lainnya tapi Tasnim mengabarkan bahwa dalam dua bulan terakhir ini penindakan kasus penyelundupan tersebut telah dilakukan dan mengakibatkan harga iPhone melonjak.

Digadang-gadang Iran tengah bersiap untuk mendaftarkan telepon genggam untuk pertama kalinya sebagai bagian dari upaya antipenyelundupan, dan bahwa hanya telepon yang diimpor secara legal yang bisa dioperasikan setelah sistem baru diberlakukan dalam beberapa pekan mendatang.

Apabila perizinan tersebut berhasil diberikan, namun masih belum diketahui apakah perusahaan-perusahaan Iran bisa membeli iPhone secara internasional, mengingat Iran masih dikenai saksi Amerika Serikat yang memblokir sebagian besar sistem perbankan internasional.

(bimbim)