Home » Ekonomi & Bisnis » Indonesia Menggali Tradisi Daerah Yang Sarat Dengan Eksotisme

Indonesia Menggali Tradisi Daerah Yang Sarat Dengan Eksotisme



Jakarta – Jika Korea Selatan menawarkan teknik bedah plastik mumpuni, Indonesia justru menggali tradisi daerah yang sarat dengan eksotisme. Tidak hanya ditujukan bagi wanita Indonesia, eksplorasi kecantikan dari berbagai pelosok itu juga bisa jadi daya tarik bagi wanita mancanegara.

Indonesia Menggali Tradisi Daerah Yang Sarat Dengan Eksotisme

“Teknik spa yang ada di Indonesia punya bahan yang berbeda. Itu bisa menarik juga buat mancanegara,” ujar Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Watie Moerany.

Dia menambahkan spa Indonesia bisa diunggulkan di skala global. Pasalnya, teknik pijat yang ada di Indonesia sangat bervariasi di setiap provinsinya. Selain itu, setiap teknik pijat tersebut merupakan warisan budaya yang telah turun temurun.

“Ada 600 ribu tempat spa di Indonesia. Pada 2016, jumlah ini akan terus meningkat hingga 900 ribu outlet spa. 80 persennya ada di Bali dan Jakarta,” katanya.

Dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara, Indonesia memang punya ragam kecantikan unik, terutama lewat bahan alami dari rempah-rempah, seperti kapulaga, beras putih, beras hitam, dan kopi.

“Spa yang ada di Indonesia itu bisa menjadi bintangnya Indonesia, asalkan ditekuni dengan benar,” ujar Patricia Medina, Ketua Penyelenggara Beauty Professional 2016, yang dihelat di Jakarta, belum lama ini.

Meski begitu, Indonesia masih belum bisa mengungguli negara Asia lainnya, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Pasalnya, pemerintah Indonesia masih kurang mendukung industri kecantikan.

“Kalau di Asia Tenggara yang megang itu Thailand. Pemerintah Thailand itu serius membantu. Kalau di Indonesia, birokrasinya sulit, untuk usaha saja sudah mahal,” terang Patricia.
(Legolas – sisidunia.com)