sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Eni SpA Perkirakan Cadangan Gas di Lapangan Merakes Capai 2 Trillion Cubic Feet (TCF)

Eni SpA Perkirakan Cadangan Gas di Lapangan Merakes Capai 2 Trillion Cubic Feet (TCF)



Jakarta – Direktur Jenderal Migas ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pengembangan Lapangan Merakes molor karena dinilai belum cukup menguntungkan untuk berproduksi. Hal ini juga sejalan dengan kembali turunnya harga minyak mentah dunia, sehingga produksi cadangan gas Lapangan Merakes nantinya dinilai belum akan menguntungkan.

Eni SpA Perkirakan Cadangan Gas di Lapangan Merakes Capai 2 Trillion Cubic Feet (TCF)

“Sekarang belum dikembangkan jadi produksi, karena dengan harga yang ada sekarang itu belum ekonomis,” ujar Wiratmaja, Kamis (11/8/2016).

Namun, Eni sendiri sudah memiliki rencana agar lapangan tersebut dapat menguntungkan untuk berproduksi. Sayangnya, Wiratmaja belum mau membocorkan usulan dari Eni tersebut. ESDM, lanjutnya, masih terus mengkaji waktu yang tepat bagi lapangan tersebut untuk dikembangkan.

“Untuk kapan produksinya sedang dibahas, karena harga minyak seperti ini dan laut dalam jadi kan dihitung-hitungannya belum ekonomis. Kalau dengan metode yang ada sekarang belum ekonomis,” katanya.

Eni memperkirakan cadangan gas di lapangan tersebut mencapai 2 trillion cubic feet (TCF), atau lebih besar dari perkiraan sebelumnya di angka 1,3 TCF. Cadangan gas di blok Sepinggan Timur tersebut ditemukan dari hasil pengeboran sumur dengan kedalaman 1.372 meter di bawah permukaan laut yang dilakukan sejak Oktober tahun 2014.
(Legolas – sisidunia.com)