sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Otomotif » Singapura Bakal Punya Taksi Tanpa Sopir

Singapura Bakal Punya Taksi Tanpa Sopir



Jakarta – Perusahaan otomotif asal Inggris, Delphi, akan meluncurkan uji coba armada kecil taksi kemudi otomatis di Singapura, tahun depan. Proyek ini dijalankan bekerjasama dengan otoritas angkutan Singapura. Wakil Presdir bidang Teknik Delphi, Glen DeVos, mengatakan taksi-taksi pintar ini akan memotong banyak biaya.

Singapura Bakal Punya Taksi Tanpa Sopir

Biasanya, satu kali berkendara di kawasan urban yang padat memakan biaya $3-4 per mil atau setara Rp30-40 ribu per 1.6 kilometer. “Kami rasa kami bisa mencapai tarif 90 sen per mil dengan kendaraan otomatis,” kata DeVos.

Untuk tahap awal, kata DeVos, mobil masih akan disertai pengemudi, untuk berjaga-jaga jika sistem kemudi otomatisnya gagal. Namun pada 2019 atau 2020 nanti, mobil akan sepenuhnya berjalan sendiri. Pada 2022, otoritas Singapura berencana untuk meluncurkan layanan taksi otomatis, kata keterangan Delphi. Perusahaan juga menyatakan sedang merencanakan proyek serupa di Amerika bagian Utara dan Eropa. Rencananya, armada pertama akan diisi oleh beberapa mobil Audi yang dilengkapi sistem kemudi otomatis dan pemetaaan. Berikutnya, kata DeVos, proyek ini akan menggunakan mobil elektrik.

“Kami akan melakukan semuanya secara bertahap dan sangat terkontrol,” kata DeVos.

Program percontohan ini akan berlangsung selama tiga tahun. Tahun pertamanya difokuskan pada pekerjaan dasar yang bersifat teknologi. Kendaraan dikerahkan pada tahun kedua. Sistem pemesanan ini taksi ini bekerja seperti layanan taksi lainnya, Uber.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)