sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Obat Terbaru untuk Sembuhkan Hepatitis C

Obat Terbaru untuk Sembuhkan Hepatitis C



Jakarta – Virus hepatitis telah menjangkit di 183 negara dan merenggut nyawa 1,45 juta jiwa. Ini disebabkan oleh minimnya kesadaran individu dan pemerintah terhadap pencegahan hepatitis.

Obat Terbaru untuk Sembuhkan Hepatitis C

Berdasarkan data WHO, kurang dari lima persen orang yang hidup dengan hepatitis, menyadari kondisi mereka. ini mengakibatkan hilangnya kesempatan mereka untuk bisa mengobati virus tersebut sejak dini.

Sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Hanifah Oswari, 95 persen penularan Hepatitis B dan C terjadi saat proses kelahiran. Ini lah yang disebut sebagai transmisi vertikal. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan vaksinasi kepada bayi dalam kurun kurang dari 24 jam.

Vaksin yang diberikan kepada bayi pun tergantung kondisi sang ibu. Apabila sang ibu negatif mengidap virus hepatitis maka cukup dengan vaksin hepatitis biasa dan injeksi vitamin K. Namun jika sang ibu positif mengidap virus hepatitis maka harus dilakukan vaksin, injeksi vitamin K, dan penyuntikan serum HBig.

Jika vaksinasi tersebut tidak segera dilakukan, maka bayi tersebut bisa terkena hepatitis. Dr. Hanifah berujar, “Sembilan dari sepuluh bayi yang tertular hepatitis di bawah umur satu tahun, dapat berisiko terkena hepatitis kronis.”

Salah satu jenis DAA adalah Sofosbuvir. Ini merupakan obat yang disarankan oleh EASL 2015. Masa pemberian Sofosbuvir adalah 12 hingga 24 minggu dengan dosis 400 miligram per hari. Efek samping yang diberikan pun terbilang ringan, antara lain insomnia, anemia, sakit kepala, dan muntah-muntah.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)