Home » News » Lebah Bisa Deteksi Keberadaan Bahan Peledak

Lebah Bisa Deteksi Keberadaan Bahan Peledak



Jakarta – Sudah menjadi rahasia umum jika lebah memiliki manfaat yang sangat besar untuk manusia yaitu dengan produksi madunya. Tapi ternyata tidak hanya madu, racun lebah pun memiliki manfaat yang tak biasa. Ada kandungan dalam racun lebah yang dapat mendeteksi bahan peledak.

Lebah Bisa Deteksi Keberadaan Bahan Peledak

Fakta itu didapatkan dari hasil penelitian di Massachusetts Institute of Technology. Ada satu fragmen dalam protein racun lebah yang disebut bombitin, dapat menjadi pendeteksi bahan peledak seperti TNT. Penelitian dilakukan dengan mencoba melapisi tabung karbon dengan bombitin. Lalu menaruh tabung tersebut di sekitar sampel udara yang diambil dari berbagai bahan peledak.

Melalui pengamatan menggunakan mikroskop khusus, didapati perubahan panjang gelombang pendaran cahaya tabung ketika molekul nitroaromatik dari bahan peledak bersatu dengan bombitin. Dengan menggunakan berbagai kombinasi tabung karbon dengan bombitin, selain mendeteksi bahan peledak bisa juga mendeteksi berbagai jenis bahan peledak.

Pada alat pendeteksi bahan peledak yang terdapat di bandara, alat ini sudah mampu menganalisis partikel di udara namun belum bisa mendeteksi pada level molekul. Dengan bomitin nantinya efektivitas dan sensitivitas alat pendeteksi ini.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)