Home » News » Habiburokhman Ajukan Diri Jadi Penguji Materi Undang-Undang Pilkada Soal Cuti Calon Petahana

Habiburokhman Ajukan Diri Jadi Penguji Materi Undang-Undang Pilkada Soal Cuti Calon Petahana



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak mau mempersoalkan rencana tersebut. Kepala Bidang Advokasi Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Habiburokhman mengajukan diri menjadi pihak terkait dalam perkara uji materi Undang-Undang Pilkada soal cuti calon petahana.

Habiburokhman Ajukan Diri Jadi Penguji Materi Undang-Undang Pilkada Soal Cuti Calon Petahana

Habiburokhman mengatakan, keharusan cuti justru penting untuk menjamin pilkada berjalan adil tanpa adanya penyalahgunaan kekuasaan dan pengaruh jabatan.

“Kemarin kami telah mendaftarkan intervensi. Ada kesan Ahok sebagai petahana sangat takut kalah jika pasal tersebut diterapkan dalam pemilihan gubernur mendatang,” ucapnya melalui sambungan telepon kepada wartawan.

“Di saat pasangan calon lain hanya boleh tampil sesekali pada saat jadwal kampanye saja, calon petahana dengan leluasa tampil di media dengan kapasitas sebagai kepala daerah aktif,” tuturnya.

Sebelumnya Ahok mengajukan judicial review atas UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi. Ia menganggap pasal 70 ayat 3 pada beleid itu membatasi haknya sebagai gubernur. Pasal itu menyatakan, calon petahana calon petahana wajib cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye pilkada dan dilarang menggunakan fasilitas terkait jabatannya.

Ahok mengaku tak masalah dengan upaya Habiburokhman ikut campur dalam uji materi yang dilayangkannya ke MK. Menurut Ahok, ini akan menjadi perdebatan oleh ahli tata negara di MK.

“Enggak apa-apa. MK akan mengundang beberapa ahli dan professor tata negara. Buat saya kan jadi jelas,” kata Ahok.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)