sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Petugas Temukan Daging Celeng Siap Edar di Pasar Anyar Bogor

Petugas Temukan Daging Celeng Siap Edar di Pasar Anyar Bogor



Bogor – Peredaran daging celeng ini ditemukan petugas gabungan dari Dinas Pertanian Kota Bogor, Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), PD Pasar Pakuan Jaya, Polres Bogor Kota dan Denpom. Dari hasil inspeksi mendadak atau sidak petugas gabungan, mereka menemukan 130 kilogram daging celeng dan empat kilogram tulang daging babi hutan. Diduga, daging celeng ini akan dioplos dengan daging sapi untuk dijual.

Petugas Temukan Daging Celeng Siap Edar di Pasar Anyar Bogor

“Ada 130 kg daging babi dan empat kg tulang babi yang disita,” ucap Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Kota Bogor, Wina, Minggu (7/8/2016).

Menurut Wina, daging tersebut positif dari babi hutan. Ini setelah petugas memeriksa sampel daging secara organoleptik dan diuji dengan porcine detection kit atau rapid test.

“Hasilnya positif daging celeng,” Wina menegaskan.

Ia menjelaskan, daging celeng ini dapat dibedakan dengan daging sapi. Serat daging sapi padat, sedangkan daging babi seratnya renggang.

“Bau daging celeng juga khas, beda dengan daging sapi baunya amis. Daging celeng juga warnanya agak pucat. Teksturnya lebih lunak dan seratnya halus,” Kepala Bidang Peternakan Bogor itu memungkasi.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)