Home » News » Pemprov DKI Jakarta Fokus Subsidi Transporasi Dan Perumahan

Pemprov DKI Jakarta Fokus Subsidi Transporasi Dan Perumahan



Jakarta – Ahok mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan fokus pada subsidi transporasi dan perumahan. Ahok menilai dampak subsidi itu baru akan terasa tahun depan karena inflasi akan terus turun. Adapun untuk pembangunan infrastruktur, Pemprov jakarta akan membebankan kepada para pengembang, seperti pembangunan 2.600 kilometer trotoar yang menjadi kewajiban pemilik gedung.

Pemprov DKI Jakarta Fokus Subsidi Transporasi Dan Perumahan

Nilai Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta pada 2015 mencapai Rp3 triliun, nilai yang lebih kecil dari prediksi sebelumnya yakni Rp7 triliun. Diketahui, APBD DKI Jakarta pada 2015 mencapai Rp69,28 triliun. Silpa yang kecil salah satunya menunjukkan peningkatan serapan anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Ternyata ada berita baiknya juga, ya. Begitu diaudit, Silpa kami ternyata tidak sampai Rp7 triliun. Hanya Rp3 triliun,” kata Gubernur yang biasa disapa Ahok, di Balai Kota, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Di sisi lain, Ahok mengungkapkan, Bank Indonesia (BI) akan menilai setiap kebijakan Pemerintah Provinsi Jakarta dalam pengelolaan anggaran. Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan meminta bank sentral itu untuk melihat dampak pertumbuhan ekonomi dari kebijakan penggunaan anggaran.

Kepastian jumlah Silpa itu didapat dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan terhadap APBD DKI 2015. Pada 2014, Silpa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tercatat mencapai Rp8,7 triliun.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)