sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menteri Polhukam Minta Penyebar Kebencian Kerusuhan Tanjung Balai di Medos Harus Segera Diusut

Menteri Polhukam Minta Penyebar Kebencian Kerusuhan Tanjung Balai di Medos Harus Segera Diusut



Jakarta – Sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menegaskan, pelaku penyebar kebencian di media sosial dalam kasus kerusuhan di Tanjungbalai, Sumatera Utara, harus segera diusut. Dalam perkara itu, pembakaran rumah ibadah diprovokasi oleh penyebaran kebencian (hate speech) melalui media sosial. Polda Sumatera Utara telah membentuk tim siber untuk mencari provokator yang menyebar kebencian lewat media sosial.

Menteri Polhukam Minta Penyebar Kebencian Kerusuhan Tanjung Balai di Medos Harus Segera Diusut

“(Penyebar kebencian) itu harus diusut, dicari. Enggak usah di Tanjungbalai, di manapun kalau menyebar kebencian itu tidak boleh. Itu provokator,” kata Wiranto di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (2/8/2016) malam.

“Kami mengajak mereka untuk melakukan kesepakatan bersama bahwa kemarin itu sesuatu yang tidak boleh terjadi,” ujarnya.

pemerintah juga telah menginstruksikan aparat setempat untuk memulihkan wihara yang rusak dibakar massa. Polisi dan TNI Angkatan Darat, kata Wiranto, tengah melakukan rehabilitasi rumah ibadah yang rusak.

“Supaya mereka bisa segera melaksanakan ibadah. Tentu secara psikologis mereka juga enggak melihat lagi sisa-sisa seperti itu, yang membuat orang menjadi sakit hati karena teringat kembali hal yang negatif itu,” ujar Wiranto.

Hingga kini, sebanyak 17 orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Sembilan orang diduga melakukan pengrusakan, sementara sisanya diduga melakukan penjarahan saat kejadian. Polisi menggunakan kamera CCTV untuk membuktikan keterlibatan mereka.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)