Home » Techno » Luar Biasa, Pria Asal Subang Mampu Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air

Luar Biasa, Pria Asal Subang Mampu Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air



Subang – Indonesia sejatinya memiliki banyak sekali orang kreatif dan mampu meciptakan sebuah inovasi baru yang berguna bagi kalangan masyarakat. Sebut saja Mantan Presiden RI ke-3 BJ. Habibie yang telah suskes mebuat pesawat terbang.

Luar Biasa, Pria Asal Subang Mampu Ciptakan Kompor Bahan Bakar Air

Dan sekarang ini kita juga harus berbahagia sekaligus bangga dengan salah seorang yang berhasil menciptakan kompor. Bukan sembarang kompor biasa, tetapi kompor hasil ciptaan salah seorang mahasiswa di Departemen Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia.

Dede Miftahul Anwar berhasil menciptakan sebuah inovasi kompor yang berbahan bakar air. Pria berperawakan kecil tersebut menjelaskan, ada senyawa yang diendapkan di dalam air sehingga yang diambil adalah gas hidrogennya saja. Dia menciptakan zat khusus untuk pengurainya. Karena menurutnya air terdiri dari dua unsur. Ketika zat ramuan Dede itu dicampur dengan air dengan sendirnya dua unsur itu langsung terpisah. Jadi gas hidrogen itu yang diolah menjadi bahan bakar.

“Saya melakukan penelitian, mengurai dua unsur yang ada dalam air. Jadi yang diambil gas hidrogen saja, oksigennya diendapkan,” ucapnya.

“Zat kimia untuk pengurai itu sangat mudah di dapatkan dan ada di mana saja. Tinggal dicampur dengan air langsung terpisah antara oksigen dan hidrogen,” tuturnya. Namun Dede masih merahasiakan dari unsur apa saja zat pengurai itu dibuat.

Dede senidri pernah menjadi juara pertama di ajang Wirausaha Muda Mandiri 2015 untuk bidang usaha teknologi non digital.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)