Home » News » Awas, Materai Palsu Banyak Beredar di Garut

Awas, Materai Palsu Banyak Beredar di Garut



Garut – Belakangan ini banyak beredar materai palsu di sejumlah wilayah di tanah air. Sebelumnya diketahui materai telah beredar di Kabupaten Bandung. Namun akhir-akhir ini materai palsu juga tersebar di Garut. Pihak kepolisian telah mengamankan satu orang yang berinisial AS dan diduga kuat terkait tentang beredarnya materai palsu tersebut.

Awas, Materai Palsu Banyak Beredar di Garut

“Ada laporan dari masyarakat yang mengatakan bahwa ada penjualan meterai palsu yang dilakukan oleh tersangka AS ini. Kita telusuri dan benar adanya, pelaku pun kita amankan,” ujar Kasubag Humas Polres Garut AKP Ridwan Tampubolon, Selasa (2/8/2016).

Ridwan juga menambahkan bahwa sang pelaku AS mengaku bahwa dirinya menjual materai 6000 palsu tersebut seharga Rp 5 ribu. Polisi juga telah mengamankan barang bukti berupa 532 lembar materai palsu. Ketika diteliti, materai palsu yang dijual oleh AS tersebut memiliki warna yang sedikit pudar.

“Saat melakukan transaksi tersangka ini hendak menjual, namun karena adanya hasil laporan dari masyarakat, tim dari Polres Garut menangkap tersangka bersama barang bukti,” jelasnya.

Pemalsuan materai merupakan salah satu tindakan pelanggaran hukum dan tersangka bisa dipidana sesuai dengan kitab Undang-undang hukum pidana dengan ancaman hukuman penjara tujuh tahun. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Ditjen Pajak, yakni Mekar Satria Utama.

“Ditjen Pajak dengan kerjasama dan dukungan penuh Kepolisian dan Kejaksaan akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran hukum di bidang perpajakan,” katanya.

(bimbim)