Home » News » Aturan Ganjil Genap Belum Sadarkan Warga Beralih Ke Angkutan Umum

Aturan Ganjil Genap Belum Sadarkan Warga Beralih Ke Angkutan Umum



Jakarta – Sudah satu minggu sistem ganjil genap dilaksanakan di Jakarta sejak 27 juli 2016 kemarin. Sejatinya, sistem ganjil genap tersebut dimaksutkan untuk mengurangi kemcetan akibat banyaknya kendaraan pribadi yang ada di Jakarta dan masyarakat beralih menggunakan alat transportasi umum seperti Transjakarta. Namun, tujuan dari sistem tersebut nampaknya belum terealisasikan dengan baik. hingga saat ini belum ada lonjakan penumpang pada angkutan umum.

Aturan Ganjil Genap Belum Sadarkan Warga Beralih Ke Angkutan Umum

Berdasarkan pantauan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan menuju MH Thamrin, Jakarta Pusat sejumlah angkutan umum masih tampak sepi. Tampak masyarakat masih enggan beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Salah seorang petugas Transjakarta, Joni mengatakan, selama satu Minggu ini, penumpang yang menggunakan jasa transportasi massal ini masih belum ada perubahan yang signifikan, khususnya pada jam-jam sibuk.

“Sama saja seperti biasanya kalau volume penumpang, tidak lebih ramai atau ada lonjakan penumpang. Meski ada ganjil genap, tapi belum kelihatan efeknya untuk busway,” ujarnya saat berbincang dengan salah seorang wartawan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2016).

“Kalau kau dikenakan teguran tertulis lakukan saja segera. Jangan wacananya saja yah. Tilang juga tidak masalah, kalau sekarang saja sudah dibiarkan pelanggar, saat benar-benar diberlakukan yah nanti mereka masa bodoh saja,” pungkasnya.
(Muslich Basyirun – sisidunia.com)