Home » News » Sutiyoso Yakinkan Kerusuhan Tanjung Balai Tak Akan Meluas

Sutiyoso Yakinkan Kerusuhan Tanjung Balai Tak Akan Meluas



Jakarta – Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso menyebut pembakaran dan perusakan wihara dan kelenteng di Tanjung Balai, Sumatera Utara, Jumat kemarin, tidak akan membesar dan meluas ke daerah lain. Ia berkata, peristiwa semalam hanyalah aksi sesaat.

Sutiyoso Yakinkan Kerusuhan Tanjung Balai Tak Akan MeluasSutiyoso Yakinkan Kerusuhan Tanjung Balai Tak Akan Meluas

“Keyakinan saya, ini tidak akan merembet ke daerah lain. Kejadian di Tanjungbalai itu bersifat spontanitas,” ucapnya di Parapat, Sabtu (30/7/2016), seperti dilansir Antara.

Sutiyoso menuturkan, pembakaran rumah ibadah tersebut bukanlah persoalan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Menurutnya, aksi massa itu hanya tanggapan spontan atas protes seorang warga atas suara azan yang terlalu keras.

Merujuk kasus SARA di Tolikara, Papua, pada lebaran tahun 2015, Sutiyoso berkata, kepolisian dapat menangani kasus Tanjungbalai dengan tepat dan cepat. Lebih dari itu, Sutiyoso mendorong masyarakat untuk tidak memperkeruh suasana. Ia berkata, kebersamaan dan penghargaan antaretnis dan pemeluk agama harus tetap dijaga.

“Semua masih dalam penyelidikan. Saya belum mendapat data konkrit mengenai pemicu atau oknum yang memprovokasi pembakaran dan perusakan,” ujarnya.

Tujuh orang yang ditangkap dan dimintai keterangan kepolisian adalah FR (15), HK (18), AA (18), MAR (16), MRM (17), AJ (21) dan MIL (10). Mereka ditangkap beserta barang bukti berupa velg mobil, tabung gas elpiji, dan tape.