Home » Ekonomi & Bisnis » Pengusaha Nantikan Dana Repatriasi Tax Amnesty

Pengusaha Nantikan Dana Repatriasi Tax Amnesty



Jakarta – Dana repatriasi perlahan memang mulai mengalir ke dalam ne­geri memanfaatkan kebijakan amnesti pajak. Namun, realisasinya masih begitu timpang ketimbang dana yang sekadar dideklarasikan.

Pengusaha Nantikan Dana Repatriasi Tax Amnesti

Hingga Jumat (29/7/2016), terca­tat sudah 340 wajib pajak yang memanfaatkan program pengampunan pajak dengan total harta yang dideklarasikan Rp3,67 tri­liun. Dana deklarasi dari dalam negeri masih menjadi kontributor terbesar, mencapai Rp2,54 triliun. Sebaliknya, harta deklarasi dari luar negeri dan sudah direpat­riasi atau dipindahkan ke dalam negeri baru Rp589 miliar.

Menurut Direktur Eksekutif Center for Indonesia Tax Analysis Yustinus Prastowo, masih minimnya repatriasi tak lain karena masih banyak hambat­an pelaksanaan di lapangan.

“Aturan turunannya belum semua keluar dan pelaksanaan di lapangan juga belum sepenuhnya selaras. Butuh semacam jaminan kepastian,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Belum lagi, berdasarkan temuannya, juga banyak petugas pajak di lapangan yang tak bergerak cepat mengolah data amnesti. “Di kantor pelayanan pajak itu masih ba­nyak masalahnya. Ada yang beda penafsiran, banyak wajib pajak yang permintaannya ditolak, belum juga diberi tanda terima dan perincian harta nilai wajar, dan sebagainya,” ujar dia.

Yustinus mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar se­gera menerbitkan peraturan presiden untuk meningkatkan koordinasi antarlembaga terkait dengan pelaksanaan am­nes­ti pajak. Langkah itu diyakini bakal meningkatkan kepercayaan calon peserta dan cepat mendongkrak partisipasi. “Itu juga sebagai bentuk jaminan kepada wajib pajak.”
(Marld – sisidunia.com)