Ā sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

Ā 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

Ā 

Ā Admin,

Ā www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Pengusaha Nantikan Dana Repatriasi Tax Amnesty

Pengusaha Nantikan Dana Repatriasi Tax Amnesty



Jakarta – Dana repatriasi perlahan memang mulai mengalir ke dalam neĀ­geri memanfaatkan kebijakan amnesti pajak. Namun, realisasinya masih begitu timpang ketimbang dana yang sekadar dideklarasikan.

Pengusaha Nantikan Dana Repatriasi Tax Amnesti

Hingga Jumat (29/7/2016), tercaĀ­tat sudah 340 wajib pajak yang memanfaatkan program pengampunan pajak dengan total harta yang dideklarasikan Rp3,67 triĀ­liun. Dana deklarasi dari dalam negeri masih menjadi kontributor terbesar, mencapai Rp2,54 triliun. Sebaliknya, harta deklarasi dari luar negeri dan sudah direpatĀ­riasi atau dipindahkan ke dalam negeri baru Rp589 miliar.

Menurut Direktur Eksekutif Center for Indonesia Tax Analysis Yustinus Prastowo, masih minimnya repatriasi tak lain karena masih banyak hambatĀ­an pelaksanaan di lapangan.

ā€œAturan turunannya belum semua keluar dan pelaksanaan di lapangan juga belum sepenuhnya selaras. Butuh semacam jaminan kepastian,ā€ ujarnya di Jakarta, kemarin.

Belum lagi, berdasarkan temuannya, juga banyak petugas pajak di lapangan yang tak bergerak cepat mengolah data amnesti. ā€œDi kantor pelayanan pajak itu masih baĀ­nyak masalahnya. Ada yang beda penafsiran, banyak wajib pajak yang permintaannya ditolak, belum juga diberi tanda terima dan perincian harta nilai wajar, dan sebagainya,ā€ ujar dia.

Yustinus mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar seĀ­gera menerbitkan peraturan presiden untuk meningkatkan koordinasi antarlembaga terkait dengan pelaksanaan amĀ­nesĀ­ti pajak. Langkah itu diyakini bakal meningkatkan kepercayaan calon peserta dan cepat mendongkrak partisipasi. ā€œItu juga sebagai bentuk jaminan kepada wajib pajak.”
(Marld – sisidunia.com)