Home » News » Pemda Harus Segera Rehabilitasi Rumah Ibadah Tanjungbalai

Pemda Harus Segera Rehabilitasi Rumah Ibadah Tanjungbalai



Medan – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Maneger Nasution mendorong pemerintah daerah Tanjungbalai, Sumatera Utara, untuk segera merehabilitasi bangunan dan rumah ibadah yang rusak usai kerusuhan.

Pemda Harus Segera Rehabilitasi  Rumah Ibadah Tanjungbalai

“Pemerintah daerah untuk secepatnya merehabilitasi bangunan fisik dan, rumah-rumah ibadah yang rusak,” kata Maneger kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (30/7/2016).

Ia menilai, rehabilitasi terhadap bangunan fisik maupun rumah ibadah yang rusak, akan mempercepat proses rekonsiliasi yang tengah berlangsung. Rekonsiliasi ini perlu secepatnya, kata Maneger, karena kerusuhan ini disaksikan pula oleh anak-anak. Pemerintah juga diminta untuk membentuk tim trauma healing, untuk menghindari dampak di masa mendatang.

“Kami berharap kasus-kasus yang disaksikan anak-anak saat ini, tidak terwarisi di masa mendatang,” kata Maneger.

Informasi terakhir yang diterimanya, proses mediasi antara pemerintah daerah, pihak keamanan bersama tokoh masyarakat dan agama tengah berjalan.

“Komnas HAM tetap memantau terus proses mediasi, sebagai penyelesaian menyeluruh,” ucapnya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan kerusuhan massa di Tanjungbalai Sumatra Utara diduga berlatar belakang persoalan individu dalam kehidupan bertetangga.

“Agar masyarakat tidak terprovokasi karena ini persoalan individu, serta diminta berpikiran jernih dalam menyikapi masalah ini,” kata Tito Karnavian.