Home » News » Kapolri Akan Kejar Penebar Isu Pemicu Pembakaran Vihara di Tanjungbalai

Kapolri Akan Kejar Penebar Isu Pemicu Pembakaran Vihara di Tanjungbalai



Jakarta – Gerak cepat dilakukanĀ  Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian terkait pasca penyerangan yang terjadi di Mapolres Tanah Karo dan insiden yang bernuansa SARA terjadi di Tanjungbalai. Tito mengimbau untuk para masyarakat tidak mudah terprovokasi dan memprovokasi agar tidak terjadi keributan yang lebih besar.

Kapolri Akan Kejar Penebar Isu Pemicu Pembakaran Vihara di Tanjungbalai
Awalnya Polres Tanah Karo tiba-tiba diserang beberapa warga yang diduga bahwa mereka marah akibat pihak kepolisian menangkap salah satu temannya. Akibat peristiwa tersebut sejumlah korban meninggal dunia. Sedangkan Insiden yang terjadi di Tanjungbalai tersebut diprediksi adanya salah paham diantara masyarakat yang akhirnya berujung insiden pembakaran dan perusakan delapan wihara.

“Saya menegaskan bahwa siapa saja yang memprovokasi masyarakat dengan isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan, maka bisa dikenakan sanksi pidana. Juga tanggung jawab sosial dan kepada Tuhan. Jadi kita akan melacak kalau ada yang menyebar isu provokasi,” kata Tito sesaat setelah mendarat di Bandara Halim, Jakarta, Minggu (31/7).

“Sekali lagi saya imbau masyarakat Sumut khususnya Karo dan Asahan, jaga kekompakan, toleransi umat beragama antar warga yang selama ini sudah sangat bagus. Salah satu barometer kerukunan umat beragama nasional ada di Sumut,” tambahnya.

(bimbim)