Home » News » Inilah Daftar Nama Sekolah di Indonesia Yang Dituding Turki Terkait Teroris

Inilah Daftar Nama Sekolah di Indonesia Yang Dituding Turki Terkait Teroris



Jakarta – Insiden kudeta militer yang beberapa saat lalu telah terjadi di Negara Turki tersebut dinilai dilakukan oleh Fethullah Gulen. Namun insiden tersebut ternyata gagal. Diketahui bahwa Gulen telah mendirikan sekitar 3000 sekolah di seluruh dunia. Sekolah yang ia dirikan tersebut kebanyakan didirikan di negeri-negeri yang mayoritas islam.

Inilah Daftar Nama Sekolah di Indonesia Yang Dituding Turki Terkait Teroris

Oleh karena hal tersebut, Presiden Turki yakni Tayyip Erdogan dan bawahannya tengah gencar melakukan beberapa aksi pembersiha orang-orang yang diduga bekerja untuk Gulen dalam bidang pendidikan.

Erdogan pun melakukan tindakan tegas yakni memecat 21 ribu orang yang bekerja di sekolah swasta. Lalu sekitar 15 ribu karyawan di Kementrian Pendidikan dipecat dan Dewan Pendidikan Tinggi yang dikelola negara meminta 1500 an dekan untuk mengundurkan diri. Selain sekolah di Turki, sekolah-sekolah yang terkait dengan Gulen tersebar di banyak negara juga diminta untuk tutup.

Namun bagaimanakan nasib sekolah Turki yang didirikan di Indonesia. Akhirnya Kedutaan Besar Turki di Jakarta telah mengeluarkan Embassy Announcement yang berupa daftar organisasi dan institusi yang diduga milik Gulen dan dianggap sebagai organisasi terlarang. Berikut daftar sekolah-sekolah atau institusi yang berhubungan dengan Gulen yang masih berjalan di Indonesia.

  1. Pribadi Bilingual Boarding School, Depok, Jawa Barat
  2. Pribadi Bilingual Boarding School, Bandung, Jawa barat
  3. Kharisma Bangsa Bilingual Boarding School, Tangerang Selatan, Banten
  4. Semesta Bilingual Boarding School, Semarang, Jawa Tengah
  5. Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School, Jogjakarta
  6. Sragen Bilingual Boarding School, Sragen, Jawa Tengah
  7. Fatih Boy’s School, Aceh
  8. Fatih Girl’s School, Aceh
  9. Banua Bilingual Boarding School, Kalimantan Selatan

(bimbim)